Searching...

Popular Posts

24 March 2013

Legenda Persephone dan Hades


Kisah Persephone digunakan dalam paradigma legenda tentang adanya pergantian 4 musim. Kisahnya menceritakan tentang seorang ibu yang bersedih karena kehilangan anaknya dan gembira saat anaknya kembali.

Persephone by Dahlig on Deviantart

Kisah Persephone
Persephone adalah putri yang sangat cantik sehingga para dewa-dewa ingin menikahinya. Persephone merupakan putri dari dewa Zeus (dewa langit) dan Demeter (dewi bumi). Dewa-dewa seperti Apollo, Hermes, Ares, dan Hefaistos jatuh cinta padanya. Akan tetapi Demeter, ibu Persephone, selalu menolak hadiah-hadiah mereka. Demeter kemudian menyembunyikan anaknya agar jauh dari para dewa dan hidup dalam kedamaian.

Namun suatu hari, saat Persephone sedang bermain bersama para Nymph (yang dalam berbagai sumber jumlahnya berbeda-beda), tiba-tiba Dewa Hades muncul dari rekahan di tanah dan membawanya ke dunianya, Underworld.

When Hades met Persephone.

Demeterpun mencari-cari keberadaan anaknya. Dewa matahari, Helios, yang melihat kejadian penculikan Persephone oleh dewa kematian Hades, melapor pada Demeter tentang penculikan itu.

Demeter yang marah datang kepada para Nymph dan mengutuk mereka semua menjadi Siren. Siren, dalam berbagai sumber diceritakan sebagai wanita bersuara merdu (suara yang mengantarkan orang yang mendengarnya pada kematian) dengan wujud yang berbeda-beda. Pada umumnya diceritakan berupa wanita dengan sayap burung (karena suaranya yang merdu), namun dalam beberapa kisah juga diceritakan sebagai sosok putri duyung bersuara merdu yang selalu dapat membuat para awak kapal yang melewati daerah dan mendengar suara para Siren terhanyut dan akhirnya menyebabkan kapal-kapal mereka menabrak karang dan tenggelam.

Demeter yang sedih akibat kehilangan anaknya tidak lagi memedulikan keadaan bumi dan menyebabkan kekeringan dimana-mana. Bumi pun dilanda musim dingin. Karena perbuatan Demeter yang membuat kekacauan di bumi ini pun akhirnya Dewa Zeus memerintahkan Hades untuk melepaskan Persephone.

Pada akhirnya Hades pun melepaskan Persephone. Namun ia telah membuat Persephone memakan buah Delima dari Underworld. Menurut aturan, jika seseorang memakan makanan dari Underworld, maka mereka harus tinggal disana selamanya. Namun saat itu Persephone hanya memakan sebagian dari buah Delimanya. Maka aturan yang ditetapkan hanya berlaku 1 bulan tiap bijinya. Dan Persephone memakan sebanyak 6 buah biji Delima. Maka ia harus kembali ke Underworld setiap 6 bulan dalam setahun.

Itulah asal muasal pergantian 4 musim dalam setahun. Saat Persephone kembali kepada ibunya, terjadilah musim semi. Sebaliknya ketika ia harus tinggal di Underworld selama 6 bulan, musim gugur dan dingin pun datang.

0 komentar:

Post a Comment